Kopi Indonesia Mendunia - Indonesia Mendunia

Terbaru

Jumat, 05 Juli 2019

Kopi Indonesia Mendunia

Kopi Indonesia Mendunia

Di tengah meluapnya arus impor barang konsumsi dari luar negeri yang kini semakin digemari masyarakat Indonesia, komoditas pertanian dan perkebunan Tanah Air masih menjadi komoditas unggulan di kancah internasional.

Berkaca dari kondisi di atas, sudah sepatutnya untuk kita berbangga menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Pasalnya, hasil pertanian Indonesia tak hanya memenuhi pangan nasional, tapi beberapa produk pertanian dan perkebunan Indonesia ternyata sudah mendunia.

Sebagaimana dilansir Tempo, Indonesia berhasil menduduki peringkat ke-21 dalam Indeks Keberlanjutan Pangan menurut lembaga riset dan analisis ekonomi internasional yakni The Economist Intelligent Unit (EIU) dan Barilla Center for Food and Nutrition Foundation (BCFN).

Salah satu komoditas andalan ekspor yang membuat nama Indonesia mendunia adalah kopi.

Ya, kopi membuat nama Indonesia diistimewakan. Negeri berpenduduk 250 juta orang ini didapuk sebagai portrait country di Perhelatan Specialty Coffee Association of America (SCAA) Expo ke-28 di Georgia World Congress Center, Atlanta, Georgia, Amerika Serikat (AS), pada 14-17 April 2016.

Portrait country merupakan penghargaan dari SCAA yang merupakan asosiasi kopi spesial terbesar dunia kepada negara penghasil kopi-kopi terbaik. Dengan menjadi portrait country, negara tersebut mendapat panggung dan perhatian khusus dalam ajang yang menjadi barometer industri kopi spesial.

Alasan inilah yang membuat nama Indonesia terus bergaung hingga dikenal sebagai negara penghasil kopi terbesar keempat di dunia sekaligus pengekspor kopi robusta terbesar kedua seantero bumi.

Dikutip dari laman Kontan, pada tahun 2017, komoditas kopi berhasil tembus ekspor 1,2 juta ton. Kopi menjadi salah satu dari sepuluh komoditas andalan ekspor yang hasil ekspornya menyumbang hampir separuh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Dear Indonesia, thank you for your coffee
Indonesia sangat beruntung dan berpotensi karena memiliki ragam specialty kopi yang banyak dari Aceh sampai Papua. Sudah seharusnya kita mendukung hal ini agar ekspor kopi Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya.

Cara mendukungnya pun sederhana. Pertama, tidak usah malu untuk minum kopi hasil negara sendiri. Kedua, menjaga sumber daya alam hayati dari hama penyakit hewan dan tumbuhan dengan segera melaporkannya kepada petugas Badan Karantina Pertanian.

Dengan turut serta menjaga dan mendukung ekspor kopi Indonesia, kita juga turut membuka pintu masuk bagi promosi pariwisata. Sehingga kopi juga jadi investasi besar Indonesia.

Terus dukung hasil pertanian Indonesia. Dengan begitu, Indonesia semakin #BeraniEkspor kopi. Apalagi dengan adanya #142KarantinaMelayani, ekspor komoditas kopi Indonesia bisa digenjot sehingga kopi Indonesia semakin dikenal di seluruh dunia dan pendapatan petani akan meningkat dan sejahtera.


Source : https://kumparan.com/sucilarasari/indonesia-rumah-kopi-terbaik-yang-mendunia-1rPOH7LuMiD